8 Januari 2023

Buffalo Hill Garut Tegal Munding

Image Credit: Facebook Charlie

Buffalo Hill atau biasa disebut dengan Tegal Munding merupakan hamparan rumput hijau untuk para pengembala kerbau/munding yang lokasinya berada di Kabupaten Garut. Berada diketinggian kurang lebih 1.700 mdpl di atas laut yang menghadap ke Gunung Cikurai sehingga menyimpan pesona luar biasa.

Buffalo Hill atau Tegal Munding yang sekarang banyak dikunjungi orang adalah kawasan Cagar Alam Gunung Papandayan. Kawasan berbukit ini menyuguhkan keindahan dan hamparan bukit yang sangat luas.

Tegal Munding sendiri berada pada ketinggian 1.700 mdpl. Secara administratif kawasan Tegal Munding berada di antara dua kecamatan, yaitu Kecamatan Cisurupan dan Kecamatan Sukaresmi. Tegal Munding termasuk ke dalam Kawasan Gunung Puntang, sebuah Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Papandayan Garut.

Masyarakat sekitar telah terbiasa naik turun bukit Tegal Munding. Lantaran sebagian besar penduduk kawasan Bukit Tegal Munding adalah petani.

Jika Anda mulai tertarik setelah mengetahui daya tarik yang disajikan di Buffalo Hill, Anda bisa datang ke kawasan Situsari di Jalan Cigangsa Situsari yang ada di Kecamatan Cisurupan, Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk sampai ke lokasi ini aksesnya sangat mudah dijangkau saat menggunakan kendaraan pribadi.

Berangkat dari Pusat Kota Garut untuk sampai ke bukit Buffalo jaraknya sekitar 17 km dan waktu perjalanan ke lokasi sekitar 45 menit sampai 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi wisatawan bisa datang kesini menggunakan Bus ke Garut, setelah itu menggunakan angkot jurusan Bayongbong-Cisurupan-Semarang menuju ke Desa Situsari dan setelah itu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk sampai ke Tujuan.





0 komentar:

Posting Komentar