15 Januari 2023

Menyalin Ribuan nama-nama file dalam satu folder

Hi sahabat blogger, kali ini saya akan memberikan trik sederhana yang masih jarang digunakan oleh rekan-rekan di dunia kerja yaitu merekap nama-nama file yang ada dalam suatu folder.

pekerjaan rekap ini adalah pekerjaan yang sebenarnya paling membosankan, ngapain coba ngetik ulang hal yang sebelumnya sudah pernah diketik?

Ada cara yang lebih mudah semudah chatting di sela-sela kerja yaitu menggunakan command prompt atau yang biasa di singkat CMD. CMD ini adalah aplikasi (walau menyebut CMD sebagai aplikasi sebenarnya kurang tepat) yang pasti ada di setiap komputer dengan OS Windows (di Mac dan Linux juga ada sih, tapi di sini saya hanya membahas untuk windows). Fungsi CMD sebenarnya sangat mendasar dalam OS, tapi kalo dibahas di sini kebanyakan jadi saya hanya akan fokus pada salah satu perintah (command line) yang relevan yaitu perintah DIR. Bagaimana merekap file dengan perintah DIR di CMD? Cekidot gan.

1. Membuka CMD di folder yang ingin direkap

Langkah pertama adalah membuka command prompt dari folder tersebut. Buka folder yang berisi file-file tersebut, arahkan kursor ke adress bar

 

 lalu ketikkan "cmd" (tanpa tanda ketik ya) dan tekan enter


akan keluar jendela baru command prompt yang langsung tertuju di folder kita tersebut. Contoh, file saya saya simpan di folder "D:\Midi\MIDI Dangdut karaoke lirik" maka command prompt akan otomatis terbuka dengan code awal "D:\Midi\MIDI Dangdut karaoke lirik" juga

2. Memasukkan Perintah DIR

    1. Perintah dir adalah perintah untuk menampilkan seluruh isi file yang terdapat pada direktori (sebutan lain dari folder) yang sedang dibuka di command prompt. Mengetik dir dan enter

      dir

      akan menghasilkan


      Semua nama file terdata dengan beberapa informasi teknis seperti tanggal dan jam pembuatan, ukuran dll ya.
      Nah kalo hanya butuh list nama file, bisa tambahkan " /b" setelah dir. Arti dari /b adalah base atau bentuk dasarnya saja yang ingin ditampilkan.

      Mengetik

      dir /b

      akan menghasilkan


      Rapih kan? Nah tinggal mindahin hasil dir ke file supaya mudah untuk copy paste. Untuk melakukan hal tersebut, tinggal tambahkan lagi tanda ">>" lalu spasi dan nama file dot ekstensi, misal:

      dir /b >> namafile.txt

      maka akan muncul file baru di folder tersebut yang berisi hasil dir kita



      Tinggal di copas aja ke excel

      Nah jadi deh.

       


      0 komentar:

      Posting Komentar